Ciri-Ciri Bibit Sawit Unggul yang Perlu Diketahui

Jika Anda ingin membuka lahan kelapa sawit, hal pertama selain mempersiapkan lahan adalah Anda juga harus mengerti bibit kelapa sawit. Bibit unggul kelapa sawit sangat disarankan untuk dipakai karena nanti hasil panennya pun juga akan berkualitas. Untuk itu perlu Anda mengetahui apa saja ciri-ciri bibit sawit unggul untuk ditanam. Lalu apa sajakah itu? Lihatlah penjelasannya di bawah ini.

bibit sawit
Bibit Pohon Sawit

1. Mata tunas berwarna putih pada kecambah

Ciri-ciri bibit sawit unggul yang pertama adalah memiliki mata tunas berwarna putih pada kecambah kelapa sawit. Selain melihat mata tunasnya yang berwarna putih, ciri lainnya adalah bersih dan ukurannya sekitar 2 cm untuk akarnya. Bentuk dari biji kelapa sawit unggulan ini terkadang juga seperti biji melinjo karena bentuknya lonjong. Namun, ada juga bibit kelapa sawit unggulan yang tempurungnya kecil dan bijinya tipis.

2. Saat berbenih tajuknya berbentuk sempurna

Bibit sawit unggul yang sudah berbenih pun nantinya juga akan mengalami ciri-ciri khusus. Apa saja itu? Yaitu pangkal batang besar, memiliki struktur gemuk pendek dan akar kokoh tidak mudah goyang. Untuk tanaman kelapa sawit yang memiliki bibit unggul nantinya batang pohon akan berkelir berwarna hijau segar. Kemudian untuk bentuk daunnya pun juga normal tidak mengalami perubahan warna seperti kecoklatan.

3. Bibit unggul untuk umur 6 bulan sampai 1 tahun

Apabila Anda akan membeli bibit kelapa sawit yang sudah siap tanam yaitu umur 6 bulan sampai 1 tahun, maka pilihlah bibit yang memiliki daun dengan berwarna hijau pekat dan jumlahnya pun sudah banyak. Bibit kelapa sawit unggulan dengan umur tersebut juga memiliki ciri seperti batang bonggol yang besar serta kuat. Ciri lainnya adalah pelepah berbentuk besar dan warnanya hijau muda atau pun tua.

Ciri-ciri di atas harus Anda perhatikan baik-baik supaya nanti Anda bisa merawat kelapa sawit dengan baik. Menanam kelapa sawit dengan bibit unggulan akan diharapkan bisa menghasilkan buah yang berkualitas tinggi sehingga hasil panen bisa menguntungkan para petani. Demikian beberapa ciri-ciri bibit sawit unggul di atas, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *