7 Jenis Kopi di Indonesia yang Wajib Anda Coba

Jenis Kopi di Indonesia – Kopi merupakan minuman yang tidak asing bagi kita. Setiap rumah pasti ada kopi. rasa khasnya dan aromanya konon membuat kita terjaga untuk tidak ngantuk.

Tanaman kopi pada awalnya itu berasal dari benua afrika, terus menyebar ke seluruh dunia. Nah saat ini kopi banyak tersebar di Amerika Latin, Asia-pasifik, dan Afrika. Pohon kopi ini bisa tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis dan subtropis, tergantung dari jenisnya.

Tapi selain di negara lain, beberapa wilayah di Indonesia tersebar perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda.

Untuk membuat kopi enak anda dapat menggunakan mesin pembuat kopi berkualitas. Setelah diolah biji kopi dihaluskan dan dimasak diatas kompor atau tungku dan arang secara langsung. Penggunaan arang banyak digunaakan agar hemat, terutama dengan arang dari batok kelapa yang dibuat dengan mesin briket arang kelapa.

 

Jenis Kopi di Indonesia

7 Jenis Kopi di Indonesia yang Wajib Anda Coba

  1. Kopi Luwak

    Sudah familiar kan mendengar jenis kopi yang satu ini? Jenis kopi yang pertama dan paling populer di Indonesia dan di dunia itu adalah Kopi Luwak.

    Kopi luwak adalah salah satu kopi yang cukup fenomenal. Kopi janis ini dinobatkan sebagai salah satu jenis kopi termahal di dunia. Wow kan.

    Selain mahal, kopi ini dihasilkan melalui proses yang cukup aneh. Proses pembuatannya dimakan dulu oleh binatang luwak. Selanjutnya kotoran luwak akan mengeluarkan biji kopi yang tidak tercerna dengan sempurna itu diambil dan diproses untuk jadi minuman.

  2. Kopi Jawa

    Kopi jenis ini adalah termasuk sebagai jenis kopi arabica. Ditemukan pada abad 17 pada masa penjajahan Belanda. Dulu pemerintah Belanda menjadikan kopi ini sebagai salahsatu produksi terbesar di Dunia loh.

    Rasa kopi dan aromanya tak kalah dengan kopi kualitas premium dunia. Sering juga disebut java coffee.

  3. Kopi Gayo

    Ya seperti namanya, kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh yang telah berkembang sejak tahun 1908. Kopi Gayo termasuk kopi dengan kelas premium yang berkualitas karena ditanam di daerah dataran tinggi dengan pengolahan yang sangat teliti.

    Kopi Gayo ini cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan kalau di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia. Tapi secara umum kopi Gayo ini punya tekstur dan rasa yang agak asam.

    Kopi Gayo ini sudah di ekspor dan populer di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Eropa dan lainnya.

  4. Kopi Toraja

    Kopi Indonesia lainnya yang juga sudah mendunia adalah kopi Toraja. Kopi ini berasal dari daerah timur Indonesia, yaitu Toraja. Biji kopi yang ditanam di Toraja memang sudah terkenal sejak dulu karena mempunyai rasa yang khas dan enak.

    Apalagi sejak dulu kopi Toraja ini memang sudah menjadi pusat penghasil kopi terbesar di Indonesia. Bahkan Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat.

    Banyak di kalangan masyarakat yang bilang kalau kita menyeruput kopi ini, rasa pahit pada kopi akan mendadak hilang.

  5. Kopi Kintamani

    Jenis kopi yang terkenal di Indonesia lainnya adalah Kopi Kintamani. Sesuai dengan namanya, kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional.

    Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi Kintamani memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah.

    Penggemar kopi asal Bali ini sudah meluas bahkan sampai ke daratan Jepang.

  6. Kopi Wamena

    Kopi yang berasal dari Wamena ini bisa dibilang sebagai kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Karena memang daratan Papua yang masih sangat subur jadi bisa menghasilkan kopi yang sangat baik.

    Bagi Anda yang pernah mencicipi kopi Wamena ini pasti tahu aroma kopinya yang harum, tekstur halus serta ‘after taste’ yang cukup manis, beda dari kebanyakan kopi pada umumnya.

    Sejak dulu, produksi kopi Wamena ini sudah diekspor ke negara lainnya seperti Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia.

  7. Kopi Flores

    Salah satu kopi asli Indonesia yang memiliki kualitas tinggi adalah Kopi Flores. Kopi Flores ini bisa keluar sebagai jenis kopi yang terbaik, baik jenis Arabika maupun Robusta, karena saat ini Kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu jenis kopi premium yang banyak dicari oleh para penikmat kopi di dunia.

    Kopi ini memiliki rasa yang begitu spesifik.

    Citarasa khas yang keluar dari Kopi Flores ini dipengaruhi dari tempat dimana kopi ini tumbuh. Selain itu, yang membuat kopi ini beda adalah citarasa asam yang murni dan bernuansa lemon serta harum saat dihirup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *