Mengantisipasi Kebocoran Talang Di Musim Penghujan

Datangnya musim hujan terkadang menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Ada beberapa alasan mengapa musim hujan menjadi suatu kendala ataupun masalah. Salah satu alasannya adalah kebocoran talang yang sering terjadi di rumah kita sendiri. Dengan begitu, perlulah kita untuk mengantisipasi kebocoran talang musim hujan agar tidak terulang kembali pada musim hujan selanjutnya. Dengan jas kontraktor rumah yang tepat anda bisa menanggulangi masalah yang akan anda hadapi dan anda juga bisa menggunakan jasa interior yang baik untuk rumah anda.

Akan lebih baik apabila Anda mencegah kebocoran talang dengan cara mengantisipasi berbagai hal yang menjadi penyebab kebocoran itu sendiri. Mengantisipasi kebocoran talang musim hujan akan lebih efektif dibandingkan Anda mengatasi kebocorannya saat musim hujan telah tiba. Karena bisa saja hujan turun sepanjang hari tanpa sempat anda memperbaiki talang tersebut.

Berikut beberapa tips efektif untuk mengantisipasi kebocoran talang musim hujan yang perlu Anda terapkan.

  1. Perbaiki posisi talang

Langkah awal untuk mengantisipasi kebocoran talang musim hujan yaitu dengan mengecek keadaan talang. Apakah ada yang salah dengan peletakkannya? Segera perbaiki posisi talang apabila kesalahan ini terjadi. Posisi talang yang salah bisa memicu keretakan sehingga kebocoran tidak bisa di cegah.

  1. Cek keadaan talang

Apabila ada talang yang bolong atau robek, maka Anda bisa memperbaikinya dengan penambalan. Anda bisa menambal talang ini dengan memakai waterproofing yang ditambahkan dengan serat fiber. Namun, apabila talang Anda terbuat dari bahan PVC ataupun seng, Anda bisa memperbaikinya dengan menembel menggunakan aspal pada talang tersebut

  1. Bersihkan talang

Menjaga kebersihan dari talang terkadang menjadi suatu kegiatan yang sering diabaikan. Namun Anda sesekali membersihkannya agar hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Bavyaknya sampah seperti dedaunan kering yang menutupi talang akan mengotori talang dan membuatnya lebih cepat rusak.

  1. Mengganti talang apabila perlu

Saat Anda menjumpai talang yang kondisinya sudah rusak dan tidak layak untuk melindungi rumah Anda dari aliran hujan di atap, ada baiknya apabila Anda segera menggantikan talang tersebut dengan yang baru. Anda bisa menggunakan talang jenis PVC agar tidak mudah berkarat dan lebih awet tentunya.

 

Itulah beberapa tips efektif untuk mengantisipasi kebocoran talang musim hujan yang bisa Anda terapkan sendiri. Jangan sampai menunggu kebocoran terjadi apabila kita bisa mencegahnya sedini mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *